Sabtu, 29 Mei 2021

Melankolisme Gadung-Gadungan Malam - KATAKITA.INFO

Melankolisme Gadung-Gadungan Malam

Melankolisme Gadung-Gadungan Malam-malam seperti ini, di tengah mata kriyip-kriyip mantengin buku bacaan, antara mau masuk tidur dan tidak, memori lidah saya tiba-tiba teringat gurihnya kripik gadung goreng buatan simbah (yang selanjutnya akan saya panggil nenek) dulu. . . " Sajak Kana "

Namun, mengingat masyarakat kampung mulai beralih dari tungku pawon ke gas melon elpiji yang tentu saja akhirnya tidak menghasilkan abu sebagai salah satu bahan peluntur racun dari umbi itu, rasa-rasanya mustahil saya dapat kembali memakannya. . .

Dalam bayangan saya yang kadang tebal, kadang menipis di dalam sayunya mata karena naiknya kadar gula sehabis makan bubur ayam ini pikiran itu akhirnya menjadi berkeliaran dan mencoba bertanya. . .

Apakah kripik gurih dengan aroma bawang ini lambat laun akan ikut tersisihkan seperti makanan-makanan zaman ketika saya masih kecil, atau ketika masih di kampung? Semisal; sego jagung, gandhos goreng, suweg, onde-onde ceplis, munggur kreweng alias godril yang merupakan bijian dari pohon trembesi atau samanea saman? . .

Tentu saja hilangnya makanan tersebut berbeda sebab dengan kekhawatiran saya akan kripik gadung - selain sulitnya pengolahan- mungkin juga karena banyaknya jenis makanan dengan citarasa 'msg' di pasaran yang kian beragam lewat semboyan mereka; taste is blend. . .

Sambil mengail-ngail ingatan dari proses pembuatan kripik gadung (seingat saya dulu pernah ikut membantu proses dari pengupasan sampai penjemuran) yang kira-kira membutuhkan waktu kurang lebih satu minggu sebelum akhirnya sampai masuk di toples untuk dijadikan jamuan lebaran tersebut. . .

Pembuatan kripik ini memang harus hati-hati, karena bila gagal banyak yang mengakibatkan keracunan bagi si pemakan umbi kripik, dan tentu saja nenek saya cukup terkenal di kampungnya dengan kripik buatannya yang gempi, alias empuk, putih bersih seperti bengkuang, dan tentu saja gurih. Lain dari itu, juga belum pernah saya dengar orang keracunan setelah memakan keripik darinya. (Saya lanjutkan di Kolom Komentar) "DUNIAKANA"

Secara resmi, Dlar meningkatkan EVOS Legends di MPL Musim 10

Katakita-info.blogspot.com - Status Dlara akhirnya resmi menjadi anggota tim EVOS Legends. Kabar membingungkan dari pemain ini masih menjad...